HANYA dalam waktu sekitar 10 hari, Yosua Pahabol sudah bisa membuktikan kepada tim pelatih bahwa dia memang layak menjadi bagian skuat Barito Putera. Kabar terbaru, tim pelatih sudah merekomendasikan kepada manajemen Barito Putera bahwa mantan striker Semen Padang tersebut cocok dengan karakter permainan Barito.


Yosua Pahabol di Barito
Yosua Pahabol
Hal itu diungkapkan Pelatih Kepala Barito Putera, Salahudin, usai pertandingan uji coba antara Barito Putera melawan Peseban Banjarmasin, kemarin sore.

"Kita sudah merekomendasikan kepada manajemen bahwa Pahabol layak untuk direkrut," ungkap pelatih berkepala plontos tersebut.

Dengan adanya rekomendasi tersebut, menurut Salahudin, status Pahabol apakah akan dikontrak Barito atau tidak, tergantung hasil negosiasi yang bersangkutan dengan manajemen Barito Putera. Salahudin menjelaskan, ada beberapa pertimbangan sehingga tim pelatih tertarik dan merekomendasikan untuk mengontrak pemain asal Papua tersebut.

Pahabol dinilai mempunyai skill yang sangat bagus serta mempunyai body balance atau keseimbangan tubuh yang bagus pula. "Dia mempunyai visi bermain, kecepatannya juga bagus," ungkap Salahudin.
Dikatakan Salahudin, jika Pahabol positif bergabung, tim pelatih tinggal membenahi fisik pemain yang pernah memperkuat timnas U-21 tersebut.

Yosua Pahabol tergolong striker yang berkelas dan cukup berpengalaman di Tanah Air. Pemain berusia 20 tahun ini menjalani karir seniornya dengan memperkuat Persiwa Wamena tahun 2008 hingga 2010. Kemudian 2011 dia memilih hengkang dan bergabung dengan Semen Padang, dimana di sana juga terdapat striker asal Papua yakni Ellie Aiboy.

Berkat performanya yang gemilang, kemudian pada 2012 Yosua Pahabol dipanggil untuk mengikuti seleksi timnas U-21 yang akan berlaga di Piala Hassanal Bolkiah 2012 di Brunei. Bersama Andik, dia merupakan penyerang yang tercepat. Itu terbukti ketika Timnas U-21 menjalani laga uji coba dengan klub asal Korea Selatan yakni Ulsan Hyundai Mipo Dockyard FC dimana dia berhasil melewati hadangan bek lawan yang tinggi dengan kecepatannya.

Tidak hanya itu, Yosua Pahabol juga sempat dipanggil timnas untuk menghadapi klub Eropa, Internazionale pada 26 Mei 2012. Dia mencetak satu gol di laga tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
Top