Daewon Ha Barito
Dewon Ha
MENGHADAPI Indonesia Super League (ISL) 2014, tim kebanggaan Banua, Barito Putera kian solid. Setelah kedatangan bek tangguh asal Kamerun, Abanda Herman dan striker haus gol asal Liberia, James Koko Lomell, tim Laskar Antasari akan memanggil kembali stoper andalannya di ISL 2012/2013 yang berasal dari Korea Selatan, Daewon Ha.

Kabarnya, Daewon yang belum memiliki klub pascaberakhirnya ISL musim lalu, bersedia kembali memperkuat Barito Putera di ISL musim depan. Kabar akan bergabungnya kembali Daewon ke Barito juga dibenarkan Salahudin.

"Dia positif ke Barito, katanya datang setelah Tahun Baruan atau sekitar awal Januari," ungkap Salahudin, Minggu (8/12) pagi. Kehadiran Daewon di skuat Barito tentunya akan semakin mempersolid lini pertahanan Barito, khususnya ketika dia ditandemkan dengan Abanda Herman. Selain itu, kehadiran Daewon

diharapkan memberikan alternatif pilihan pemain yang akan diturunkan, khususnya jika terjadi kemungkinan buruk ada pemain yang cedera. Menurut Salahudin, memanggil kembali Daewon merupakan salah satu strategi untuk menghadapi kerasnya persaingan di ISL 2014. Terlebih Barito Putera mempunyai target minimal menduduki empat besar.

"Kita lihat kebutuhan tim, jika memang ingin main bertahan, kita bisa duetkan Daewon dan Abanda sedangkan pemain asing di depan kita kurangi satu, tapi bila ingin lebih menyerang, cukup satu bek asing yang dimainkan dan dua asing dipasang di depan. Karena berdasarkan regulasi pemain asing yang boleh dimainkan (masuk line up) cuma tiga," terang Salahudin.

Sementara itu, dengan bergabungnya kembali Daewon, Manajer Barito Putera, H Hasnuriyadi HAS semakin optimistis menghadapi ISL 2014 karena skuat yang ada semakin solid.

"Kita optimistis bisa mencapai target minimal menduduki empat besar," tutur Hasnur, Minggu (8/12) pagi.
Menghadapi ISL 2014, Barito akan menggunakan kuota pemain asing 3+1 atau tiga pemain non Asia plus satu pemain Asia. Dengan kehadiran Daewon, Barito tinggal mencari satu pemain asing yang berposisi sebagai striker murni.

Untuk mengisi slot striker asing yang masih kosong, Barito mengincar tiga nama, yakni Osas Ikpefua Marpelus Saha pemain asal Nigeria serta dua bomber asal Kamerun Keith Jerome 'Kayamba' Gumbs dan Emmanuel 'Pacho' Kenmogne.

"Kita terus melakukan pendekatan untuk mendapatkan mereka," ujar Hasnur. Selain itu, ada satu striker asal Liberia yang pernah bermain di Liga Amerika yang berminat bergabung dengan Barito.

"Katanya dia mau datang dan rencananya dia akan kita coba saat Barito melakukan uji coba dengan Martapura FC untuk melihat sejauh mana kehebatannya," ungkap Hasnur. Sementara itu, pemain naturalisasi asal Belanda yang siap berkostum Barito, Tonnie Cusell, dikabarkan akan terbang dari Belanda hari ini, Senin (9/12).

Kemarin dia sudah menyampaikan salam perpisahan ke klub lamanya, Ajax, melalui akun twitternya @TonnieCusell. "Last game in the Ajax jersey.... Soon wearing the Barito Putera shirt! Counting the days...... #Ajax #Amsterdam" tulis Cusell. Jika diterjemahkan status Cusell tersebut berbunyi, "pertandingan terakhir dengan jersey Ajax. Segera mengenakan kostum Barito Putera. Menghitung hari....#Ajax #Amsterdam."

0 comments:

Post a Comment

 
Top