Barito Putera Ikut di Turnamen Piala SultanBarito lupakan kenangan Pahit IIC 2012 - Barito Putera memastikan diri menjadi kontestan ajang pramusim Indonesia Super League (ISL), Inter Island Cup (IIC) 2014. Tim berjuluk Laskar Antasari ini bakal tergabung di Zona Kalimantan di ajang yang berlangsung 10-25 Januari 2014 itu.

Di zona tersebut, dipastikan bakal bertemu Putra Samarinda, Persiba Balikpapan dan Mitra Kukar. Untuk zona ini hanya meloloskan dua tim ke babak delapan besar. Jika menengok IIC 2012, Barito punya memori pahit. Saat itu, tim asuhan Salahudin itu bertengger di dasar klasemen grup di bawah Persisam, Mitra Kukar dan Persiba.

Kala itu, Barito hanya mampu mengoleksi satu poin hasil sekali seri melawan Persiba dan dua kali kalah menghadapi Persisam dan Mitra Kukar. Namun kini, Barito siap memberi kejutan. Persiapan serius telah dilakukan agar memori pahit IIC 2012 tak terulang lagi.

"Kita selalu serius melakukan persiapan menghadapi semua pertandingan. Kita menunggu pemain lengkap, baru nanti menentukan taktik dan strategi," ujar pelatih kepala Barito, Salahudin. Salahudin menilai, turnamen ini merupakan ajang pemanasan sebelum menghadapi ISL. "Semua tim targetnya adalah untuk mempersiapkan dan memantapkan tim sebelum menghadapi liga sesungguhnya, ISL. Begitu juga Barito," terang pelatih berdarah Palembang itu.

Berbeda dengan IIC sebelumnya, kekuatan tim-tim di Zona Kalimantan berimbang. Peluang lolos semua tim ke babak delapan besar sangat terbuka.

"Misi kita lolos Zona Kalimantan dulu, tentu tim lain pun demikian. Semua tim akan meraba-raba kekuatan lawan," jelas Salahudin.

Tidak hanya Barito, calon lawannya juga melakukan persiapan matang, salah satunya Putra Samarinda (Pusam) yang dulu dikenal dengan nama Persisam Putra Samarinda. Pelatih Pusam, Mundari Karya optimistis anak asuhnya mampu bersaing dengan klub-klub besar di IIC 2014 nanti. "Komposisi pemain kami, U-21 dan senior akan menjadi kekuatan tersendiri. Jadi, kita yakin kalau Pusam bisa bersaing meski kompoisisi kita hampir separuhnya  pemain muda," ujar Mundari
.
Mundari juga akan menjadikan uji coba kekuatan Pusam jelang bergulirnya ISL 2014. "Target kita empat besar di ISL nanti. Jadi, kita ingin di IIC nanti, kekuatan kita sudah terlihat dan kalau masih ada kekurangan tentu masih mempunyai waktu untuk membenahinya. Yang jelas kami tidak akan merekrut pemain lagi, sudah cukup," beber mantan pelatih PSPS Pekanbaru ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Top