Stadion 17 Mei Banjarmasin akan Renovasi Total  - Suksesnya Barito Putera mengangkat martabat Banua di kancah sepak bola nasional ternyata mendapat perhatian khusus dari orang nomor satu di Kalsel Gubernur Kalsel Rudy Ariffin sang kepala daerah mengaku bakal melakukan renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin agar nantinya bisa digunakan untuk menjadi kandang Barito Putera kala berlaga di Indonesia Super league (ISL).

Selama ini, Stadion 17 Mei Banjarmasin dinilai belum layak untuk menggelar pertandingan ISL. Itu tidak terlepas dari kondisi stadion yangmemprihatinkan, mulai dari rumput, pencahayaan dan fasilitas lainnya.
"Memang pada 2007 ketika Pomnas sempat ada perbaikan, tapi tidak total karena standarnya hanya disesuaikan dengan Pomnas bukan standar untuk menggelar sepak bola seperti ISL," ucap Rudy ketika ditemui di DPRD Kalsel kamrin.

Pemprov Kalsel sendiri akan mengupayakan perbaikan stadion pada APBD perubahan 2012 mendatang. Namun belum diketahui berapa anggaran yang akan dikucurkan untuk membenahi markas Laskar Antasari julukan Barito Putera tersebut. "Pada APBD Perubahan 2012 kami anggarkan untuk desain perbaikan dulu.

Maksudnya ke depan kami akan renovasi total," ujarnya.Rudy belum mengetahui berapa besar anggaran yang akan diusulkan ke DPRD mengenai renovasi Stadion 17 Mei tersebut. "Anggarannya masih kami susun untuk diusulkan. Mengenai dananya yang pasti dari APBD, tapi tidak menutup kemungkinan ada pihak ketiga yang ingin membantu," sebutnya.

Diterangkan Rudy, kondisi lahan di stadion 17 Mei saat ini tidak memungkinkan lagi untuk dipertahankan. Lantara struktur lahannya labil. lahan sudah berada di bawah permukaan jalan Jafri Zam-zam.

"Nanti kami desain untuk meningkatkan lahannya. Ini perlu kajian detail, papkah nanti akan kami akan bangun tribun penonton agar terhindar dari panas dan hujan atau seperti apa," terangnya. Rudy berharap renovasi dapat mulai dilaksanakan 2013 mendatang. Sementara untuk menghadapi musim depan, Rudy dalam waktu dekat akan berunding dengan KONI untuk membahas stadion mana yang bisa digunakan sebagai kandang sementara Barito Putera. "Saya rasa di Tapin ada yang standar, di Hlu Sungai Tengah juga ada. Nanti kami liat apakah stadion itu sesuai dengan standar panitia pertandingan ISL," katanya.

Mantan Bupati Banjar dua periode ini juga berharap jika Stadion 17 Mei sudah direnovasi, jangan sampai tidak dirawat. Menurut Rudy, buruknya kondisi stadion saat ini tidak lepas dari perawatan yang minim. Selain itu, penggunaan stadion juga tidak dilakukan dengan baik.

"kalau sudah direnovai ke depan, jangan dipakai tiap hari. Kalau demikian ya hancur. Kita harapkan betul dirawat untuk pertandingan saja, jangan untuk latihan apalagi untuk keperluan lain," tegasnya.
Sementara itu, di kesempatan berbeda di Gedung DPRD Kalsel, sejumlah anggota dewan termasuk Ketua DPRD Kalsel Nasib Alamsyah ikut terbawa euforia keberhasilan Barito Putera. Kemarin (10/7), usai Rapat Paripurna tentang Parubahan RAPBD Kalsel Tahu Anggaran 2012 yang dihadiri oleh Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Nasib Alamsyah mengajak para anggota untuk ikut menyambut kedatangan Barito Putera di Kedatangan Gubernur Kalsel sore harinya.

Pemandangan itu cukup unik lantara Nasib masih duduk bersama Rudy dan pimpinan DPRD lainnya di depan. Sedangpara anggota dewan yang pada saat itu hadir juga masih duduk dikursinya. "Bagi para anggota dewan yang nanti sore ada waktu, mari kita sama-sama sambut kedatangan sang juara Barito Putera," ucap Nasib melalui mikropon.

Sontak ajakan nasib disambut dukungan dari para anggota dewan. Bahkan beberapa anggota meneriakan yel semangat Hidup Barito.

(Sumber : Radar Banjarmasin edisi Rabu, 11 Juli 2012)
 
Top