Usaha Manajemen Barito Putera untuk mendapatkan izin pertandingan di dua laga kandang saat ramadan akhirnya berbuah manis. Setelah mendapat restu dari Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh, kini giliran tokoh ulama dan Ketua MUI Banjar KH Khalilurrahman yang mendukung penuh laga kandang Barito Putera.
Selama ramadan, Barito Putera akan menjamu dua lawan sekaligus yakni Persita pada 19 Juni 2013 dan Persib Bandung pada 26 Juli 2013 nanti. Menariknya, sebelum laga dimulai, panitia pertandingan akan menggelar Salat Isya dan Salat Tarawih berjamaah. Para pemain, supporter, penonton, dan pihak kepolisian yang beragama Islam diharapkan bisa ikut berjamaah di Stadion Demang Lehman.

Menanggapi hal tersebut, KH Khalilurrahman menilai, laga Barito Putera tidak menggangu kekhusyukan ibadah warga Sekumpul, mengingat pertandingan tersebut dilakukan usai Salat Tarawih. “Beliau merasa tidak terlalu bersinggungan, karena peluit pertandingan ditiup usai tarawih,” ujar Manager Barito Putera Hasnuriyadi Sulaiman, menyampaikan hasil pertemuannya dengan Guru Khalil.

Lebih lanjut bahkan, Hasnur mengatakan, Pimpinan Ponpes Darussalam tersebut ternyata juga hobi bola dan suka menonton bola. “Karena itu beliau mendukung Barito Putera main di Demang Lehman. Tak hanya mendukung, Guru Khalil juga mendoakan untuk kemenangan Laskar Antasari di dua laga kandang tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, meski secara lisan laga tersebut mendapatkan lampu hijau Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh dan Ketua MUI Banjar KH Khalilurrahman, Kapolres Banjar AKBP Dwi Ari Wibowo masih belum menurunkan izin laga tersebut. Dwi beralasan, belum mendapatkan surat keterangan tertulis dari MUI Banjar, dan izin masyarakat setempat, dan masih menunggu keterangan anak buahnya yang meminta keterangan masyarakat setempat.

Meski belum mengantongi izin Kapolres Banjar, Manajer Hasnuryadi Sulaiman tetap yakin, laga tersebut tetap memakai Stadion Demang Lehman. Keyakinan Hasnuryadi bukan tanpa alasan karena secara lisan bupati dan tokoh ulama telah memberi dukungan. “Namun apapun kebijakan Kapolres, kita tetap akan patuh,” katanya.

Ketua Panpel Pertandingan Kandang Barito Putera Djumadri Masrun juga optimis Barito Putera tetap akan bisa berlaga dihadapan pendukungnya sendiri. Ia menilai, Kapolres Banjar telah memberikan lampu hijau. Buktinya, Kapolres Banjar yang memberikan saran digelarnya Salat Tarawih berjamaah di Stadion Demang Lehman.

“Jadi, penonton bisa ikut salat dan panitia mudahan luput dari dosa karena memberi waktu di lapangan untuk beribadah,” katanya.

Anggota DPRD Banjar Gusti Abdurrahman mengaku siap mendukung pelaksanaan pertandingan tersebut. Bahkan pihaknya atas nama DPRD Banjar siap memberikan surat dukungan untuk pelaksanaan laga kandang tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
Top