Teknologi touchline power flags diharapkan bisa membantu meningkatkan kinerja wasit dalam sebuah pertandingan.

PT Liga Indonesia (LI) akan menggunakan teknologi baru dalam turnamen Inter Island Cup (IIC) 2012. Para wasit akan memakai teknologi touchline power flags ditiap pertandingan.

IIC 2012 akan digelar 1-22 Desember 2012, dan berlangsung di empat kota. Palembang menjadi tuan rumah Grup A, sedangkan Grup B dilaksanakan di Bandung. Malang telah ditunjuk sebagai tuan rumah Grup C, dan Grup D di Samarinda.

“Satu terobosan baru dilakukan PT Liga di Inter Island Cup 2012. Wasit akan dibekali dengan teknologi baru berupa touchline power flags. Referee paging system ini memudahkan asisten wasit dan juga wasit cadangan untuk dapat memberitahu melalui arm band yang bergetar yang dikenakan wasit,” ujar CEO PT LI Joko Driyono.

“Peralatan ini sudah lama di adopsi di sebagian liga-liga besar di seluruh dunia. Dengan teknologi ini diharapkan dapat mendukung kinerja wasit menjadi lebih maksimal.”

PT LI juga menambah peserta IIC 2012 menjadi 16 tim, yakni Sriwijaya FC, Persija Jakarta, PSPS Pekanbaru, Persita Tangerang, Persib Bandung, Persidafon Dafonsoro, Gresik United, Persepam Pamekasan, Arema Indonesia, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, Persiram Raja Ampat, Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, dan Barito Putra.

Penyisihan grup akan dimulai pada 1-12 Desember 2012. Sedangkan babak semi-final akan berlangsung pada 15 dan 16 Desember, serta partai final akan digelar pada 22 Desember. Mengenai tempat laga semi final dan final akan ditetapkan kemudian.

“Turnamen Inter Island Cup ini akan menjadi ajang paling pas bagi seluruh klub ISL untuk menjajal kemampuannya sebelum tampil di kompetisi yang sesungguhnya. Tidak hanya itu, gengsi dan prestise turnamen ini juga menjadi nilai jual tersendiri karena membela kehormatan masing-masing pulau tempat domisili mereka,” tutur Joko.

Sumber : Goal.com
 
Top