Pertandingan Pelita Bandung Raya (PBR) melawan Persiwa Wamena dalam laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (21/4/13) diwarnai insiden pemukulan wasit. Pemain Persiwa Edison Pieter Rumaropen terlihat memukul wajah wasit Muhaimin hingga berdarah. Rumaropen sepertinya emosi saat Muhaimin memutuskan memberikan tendangan penalti kepada tuan rumah pada menit ke-70. Penalti diberikan setelah pemain belakang Persiwa menjatuhkan Nova Arianto di kotak penalti.




Akibat insiden tersebut, pertandingan sempat terhenti beberapa menit. Setelah kedua tim dan inspektur pertandingan berembuk, akhirnya pertandingan dilanjutkan dipimpin wasit pengganti Tabrani. Rumaropen pun akhirnya diusir ke luar lapangan setelah mendapat kartu merah. Sebelumnya, Persiwa juga mendapat kartu merah untuk Richardo yang sengaja menginjak tangan lawan.

Pertandingan itu sendiri akhirnya dimenangkan tuan rumah dengan skor 2-1 setelah sempat tertinggal dahulu oleh gol cepat Camara Sekou ketika laga baru berjalan satu menit. Dua gol PBR dibuat M Arsyad dan Gaston Castano lewat tendangan penalti.

Laga PBR kontra Persiwa sebenarnya berjalan menarik. Ketika pertandingan baru berjalan satu menit, Camara Sekou berhasil membobol gawang Edi Kurnia setelah mendapat umpan panjang dari tengah lapangan. Menit 14, PBR punya kans besar menyamakan kedudukan. Mereka mendapatkan hadiah tendangan penalti dari wasit setelah pemain lawan, Richardo Roberto, melakukan handsball.

Sayang, Gaston yang dipercaya menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Jelang akhir babak pertama, Persiwa harus bermain dengan 10 orang. Richardo diusir keluar lapangan karena sengaja menginjak tangan lawan.

Unggul jumlah pemain, PBR lebih leluasa mengurung pertahanan Persiwa. Beberapa kali Gaston dan pemain anyar mereka, Marwan Sayedeh, melakukan serangan berbahaya. Akhirnya usaha PBR membuahkan hasil. Pada menit ke-68, Arsyad yang mendapat umpan terobosan berhasil menjebol gawang Persiwa.

Gol penyeimbang ini rupanya memicu semangat pemain PBR untuk lebih menekan lawan. Dalam sebuah serangan balik, Nova yang berhasil lolos ke daerah pertahanan Persiwa diganjal dari belakang. Wasit Muhaimin segera meniup peluit sambil menunjuk titik putih. Putusan wasit langsung diprotes para pemain Persewa. Rumaropen yang terlihat marah berlari dari arah belakang dan langsung meninju wajah Muhaimin.

Gaston yang sebelumnya gagal mengeksekusi penalti, kali ini berhasil menceploskan bola ke gawang Persiwa. Kedudukan pun berakhir 2-1 untuk kemenangan PBR


Video Pemukulan pemain Persiwa kepada wasit yang saya dapat dari youtube :
 


0 comments:

Post a Comment

 
Top