Putaran Kedua ISL Sudah Bisa Digunakan - Janji Gubernur Kalsel Rudy Ariffin untuk melakukan perbaikan Stadion 17 Mei Banjarmasin terus ditagih penggemar Barito Putera. Melalui media sosial seperti twitter, masyarakat setiap hari mempertanyakan perbaikan tersebut.

Menanggapi permintaan tersebut, Sekdaprov Kalsel HM Arsyadi memastikan bahwa pengerjaan stadion kebanggan warga Banjarmasin akan segera dilakukan. Targetnya, putaran kedua Barito Putera sudah bermain di 17 Mei.

“Insya Allah bulan ini kalau sudah selesai pelelangan, maka bulan Maret sudah bisa dilakukan pengerjaan,” ujarnya kemarin. Arsyadi menambahkan, kondisi fisik bagunan yang berkapasitas 15.000 penonton tersebut akan segera direnovasi. “Sekarang kami sudah menyiapkan dananya. Saat ini kami sedang merampungkan perencanaan dulu,” ujarnya.

Disinggung mengenai total biaya yang akan dikeluarkan Pemprov Kalsel, Rudy Ariffin lupa angka tepatnya. Diperkirakan, perbaikan memerlukan dana sedikitnya Rp20 miliar, meliputi fasilitas ruang ganti, rumput lapangan dan lampu. “Saya tidak hapal betul anggaran yang dikeluarkan untuk renovasi 17 Mei Banjarmasin,” tutup Rudy.

Tak tanggung-tanggung, Pemprov Kalsel pada APBD tahun 2013 sudah menganggarkan dana sekitar Rp16 miliar hingga Rp20 miliar untuk melakukan perubahan total. Pemprov Kalsel sendiri menargetkan, putaran kedua ISL musim 2013, Barito Putera sudah bermain di Stadion 17 Mei.

Kepala Biro Kesra Setda Prov Kalsel Herman Taufan mengungkapkan, Stadion 17 Mei tidak hanya dilakukan renovasi atau perbaikan. Tetapi akan dilakukan perombakan total, termasuk perombakan di bagian rumput, lampu, dan ruang ganti pemain.

“Untuk perombakan stadion, akan dilakukan oleh Dinas PU. Januari sudah mulai dikerjakan, bulan Juni bisa dimainkan,” ujarnya kemarin. Untuk saat ini, stadion 17 Mei sudah dilakukan pembersihan dan pengecatan ulang. Dana yang dianggarkan dalam APBD Perubahan 2012 adalah sekitar Rp400 juta. “Tapi itu kan tahap awal saja. APBD 2013 sudah dianggarkan dana yang lebih besar. Sehingga bisa dilakukan perombakan total,” ucapnya.

Sumber : media Kalimantan
 
Top