Menghadapi Persiwa di Stadion Pendidikan, Wamena, Rabu (27/2), PS Barito Putera menyoroti kondisi nonteknis yang dapat mengganggu permainan Mekan Nasyrov dkk. Di awal musim ISL 2012/13, Persiwa belum terkalahkan bila bermain di kandang.

 PS Barito Putera dihantui kondisi pemain yang menurun. Kondisi tersebut tidak lepas dari jeda pertandingan sebelumnya yang hanya berselang empat hari. Stadion Pendidikan memang terkenal angker. Banyak tim yang sulit mendulang poin saat menghadapi tim berjuluk Badai Pegunungan tersebut. Tim yang musim lalu finish di peringkat tiga itu telah meraih enam poin kala menjamu Persela dan Persepam Madura United.

"Kendala lawan Persiwa suhu udara dingin, lapangan becek. Sementara mereka sudah terbiasa bermain di udara seperti ini. Kami tetap berusaha bisa nyesuaikan diri di Wamena," papar Salahudin kepada Bolanews, Selasa (26/2).
Skuad Barito Putera 2013
Barito Putera 2013

Namun bagi pelatih Barito Putera, Salahudin, perjalanan yang panjang juga mempengaruhi stamina Yongki Aribowo dkk. "Memang perjalanan panjang berakibat kondisi pemain turun. Sekarang kami sedang berusahan mengembalikan kondisi mereka," ujar Salahudin kepada Bolanews, Selasa (26/2).

Di pertandingan sebelumnya, Barito menghadapi Persela, Sabtu (23/2). Selain faktor fisik yang tidak mendukung, Barito juga dipastikan tampil tanpa formasi terbaiknya.

"Ada bebrapa pemain yang tidak bisa tampil, yaitu Sackie Teah Dou, Septariyanto, dan Lucky Wahyu. Kami akan merubah di beberapa posisi. Ana Supriyatna akan menggantikan peran Sackie. Mekan juga akan ada perubahan," lanjut Salahudin.

Mekan kemungkinan akan didorong ke posisi sayap. Peran tersebut tentunya tidak asing bagi pemain bernomor pungg 44 tersebut, bermain disayap pernah ia lakoni kala masih menjadi punggawa Persik Kediri.

Kepercayaan diri tinggi juga sedang dimiliki tim berjuluk Laskar Antasari itu usai meraih dua kemenangan beruntun di kandang. Namun bagi Salahudin, timnya masih memiliki kelemahan pada konsentrasi bila berkaca pada laga terakhir saat menang 3-2 menghadapi Persela.

"Pemain setelah unggul 3-0 menjadi kurang fokus, bermain terlalu santai. Kami akan perbaiki kondisi tersebut. Selama 90 menit jangan ada penurunan kepercayan diri dan motivasi," lanjut Salahudin.

Sumber : http://www.bolanews.com/read/sepakbola/indonesia/31865-Faktor-Nonteknis-Menjadi-Kendala-Barito-Putera.html
 
Top