Barito Putera Ikut Di  Celebes Champioship 2012 - Sriwijaya FC sebagai juara kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2011-2012 ditantang oleh klub promosi Barito Putra sebagai juara divisi utama 2011-2012, Persib Bandung dan klub Makasar United dalam sebuah turnamen bertajuk Celebes Championship 2012 yang memperebutkan Tropi Ketua Umum PSSI La Nyala Mataliti dan total hadiah Rp 500 juta. Turnamen rencananya bergulir minggu kedua Oktober 2012.

Penggagas turnamen ini, Ryan Latief mengatakan turnamen Celebes Championship 2012 terselenggara berkat kerjasama pihaknya dengan PT Liga Indonesia.” Kami mengundang Sriwijaya FC sebagai juara ISL, Barito Putra sebagai juara divisi utama, Persib Bandung dan Makasar United sebagai tuan rumah,”
kata pemilik klub Makasar United ini dalam rilis yang diterima, Jumat (07/09). Dikatakan Ryan, awalnya pertandingan ini akan menggunakan satu tempat yaitu di Makasar, namun mengingat pada minggu kedua Oktober ada Pilkada di Makasar, maka pihaknya memutuskan Bandung sebagai tuan rumah pendamping.

Ryan menjelaskan, turnamen ini bisa disebut sebagai laga antar juara dengan hadirnya Sriwijaya dan Barito. Disisi lain, Persib, sebagai salah satu tim besar di Indonesia tentu ingin membuktikan kapasitasnya di hadapan pendukungnya.Makasar United sendiri selain mengandalkan pemain binaannya, juga memasukkan nama-nama beken seperti Hamka Hamzah, Isnan Ali, Ardan Aras, Marwal Iskandar dan Irsyad Aras sebagai pendamping. yuniornya. “Secara lisan mereka sudah menyatakan kesiapannya, statusnya hanya pemain tamu Makasar United selama turnamen” ujar pelatih Makasar United, Marwal. La Nyalla Mattalitti menyatakan dukungannya terhadappenyelenggaraan turnamen Celebes Championship 2012 ini . “Dari perspektif liga, turnamen ini sangat baik buat klub yang sedang menjalani pre season,” ujarnya.

Sementara itu pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi menyambut positif undangan ini, namun saat ini pihaknya sedang fokus dalam membentuk kerangka tim yang ideal sebelum memulai kompetisi ataupun mengikuti turnamen dan uji coba.

“Secara pribadi kami tentu senang menerima undangan ini, namun saat ini kami masih berusaha menyusun kerangka tim, dan berusaha memenuhi kuota pemain untuk musim depan. Saat ini kami masih fokus ke sana sebelum memutuskan untuk mengikuti turnamen atau uji coba,” kata Kas Hartadi.
Dan jika kerangka tim sudah terbentuk, baru Sriwijaya FC berpikir untuk melakukan uji coba atau ikut turnamen.” Kami juga akan menjadwalkan setidaknya mengikuti tiga sampai empat laga uji coba sebelum kompetisi ISL dimulai, “ ujar Kas Hartadi.
 
Top