PS Barito Putera menatap poin tambahan di Stadion Merdeka, Gorontalo Kamis (1/3), untuk tetap berada di puncak klasemen Grup II Divisi Utama Liga Indonesia 2011/2012. Namun skuad Laskar Antasari tetap harus waspada terhadap ancaman Persigo.

Head Coach Salahudin yang dibantu Asisten Pelatih Yunan Helmi kemungkinan besar menurunkan Nnengue Bienvenu setelah bomber tim kebanggaan banua ini melewatkan kemenangan kandang 4-0 dari Persekam Metro FC akhir Februari lalu.

Kendati tanpa Nnengue di laga terakhir itu, Laskar Antasari tampil perkasa. Namun yang mengkhawatirkan, keempat gol diborong gelandang Sackie Teah Dou.

Aksi borong tersebut seperti mengindikasikan Barito masih tak nyaman dengan cuma mengandalkan pemain asal Liberia itu. Laskar Antasari harus berhati-hati, karena Persigo bisa menurunkan satu-dua pemain untuk mengawal Sackie Teah.

"Tekad kami untuk menjadi yang terbaik sudah bulat. Kami tak mau menganggap remeh tim manapun, termasuk Persigo. Justru, kami harus waspada karena sekarang semua tim sudah mengetahui kekuatan kita," tegas kapten tim Barito Putera Agustiar Batubara kepada wartawan Media Kalimantan, di usai latihan di Stadion Merdeka, Rabu (29/2).

Di atas kertas, Barito memang diunggulkan. Materi pemain yang dimiliki Barito dianggap lebih unggul. Namun, seperti ujar Agustiar, timnya tak boleh terkecoh prediksi tersebut. Maklum saja, pemain Persigo punya motivasi tinggi karena bermain dihadapan publiknya.

“Kita tidak boleh menganggap remeh lawan, meski mereka berada di dasar klasemen. Tetap waspada karena kita main di Gorontalo, atau jadi bumerang,” kata Agustiar, mantan pemain Gresik United itu mengingatkan.

Bagi Yunan Helmi, mencuri poin jelas jadi target untuk mempertahankan pucuk klasemen.

“Menang atau kalah di Gorontalo sebenarnya tidak berpengaruh di klasemen. Hanya saja Persigo naik ke papan tengah. Makanya Agustiar dkk jangan sampai lengah. Bermain disiplin, mantapkan barisan pertahanan,” katanya.

Yunan sadar, kekuatan lini depan sedikit goyah. Absennya Sugeng Wahyudi akibat cedera, jadi penyebab. Memang masih ada Nnengue Bienvenu dan Saifullah Nazar. Dan, kemungkinan besar duet dua bomber inilah yang ditarget memporakporandakan barisan pertahanan Laskar Lahilote.

“Mudahan denda kartu kuning Nnengue sudah dibayar manajemen, sehingga dapat dimainkan besok (hari ini),” ujar Yunan pula.

Asisten pelatih kelahiran Lamongan itu menambahkan, bermain tandang bukan menjadi pantangan untuk menerapkan gaya bertahan. Kecepatan dan cukup produktifnya sektor depan Persigo, akan diladeni dengan bermain normal 4-4-2.

“Tidak ada pemain yang akan secara khusus menjaga pemain lawan, meski Persigo cukup produktif saat bermain kandang,” tandas Yunan.

Di kubu Persigo, tim besutan Ariffin Andrian juga tak kalah menantang. Mengusung misi penting untuk menambah perolehan poin adalah tekad agar keluar dari zona degredasi.

Menjamu Barito, menang hal mutlak. Karena itulah, Ariffin mengaku akan menginstruksikan pemainnya tampil menyerang sejak awal laga.

“Hanya dengan kemenangan, kami bisa keluar dari zona degredasi,” ucapnya ketika dihubungi wartawan Media Kalimantan via telepon seluler saat mengikuti kursus lisensi D kepelatihan di Makasar.

Mengenai pilarnya, Ariffin mengatakan sudah menyerahkan kepada sang asisten.

“Siapa pemain yang dipasang silakan tanya asisten saya,” tutupnya.

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera

Kiper : Dedy Sutanto

Belakang : Ahmad Zahrul Huda, Guntur Ariyadi, Henry Njobi Elad, Agustiar Batubara

Tengah : Septariyanto, Amirul Mukminin, Sackei Teah Dou, Sartibi Darwis

Depan : Nnengue Bienvenue, Saifullah Nazar

Persigo Gorontalo

Kiper : Josh Posuman

Belakang : Kardi Gani, Yerman Suaib, Rusdiyanto, Tomy Kasim,

Tengah : Hendri Suge, Karim Pangalima, Yus Abay, Suryo Entengo

Depan : Iksan Abubakar, Maslan Manyiar.

0 comments:

Post a Comment

 
Top